Gerakan Peduli Kata Kunci

Apa  yang pertama kali Anda lakukan ketika mencari sebuah info di dunia maya? Pastinya Anda akan mengetikkan kata kunci tertentu. Dengan harapan agar kita bisa menemukan jawaban dari pertanyaan kita  melalui mesin pencarian. 

Namun pernahkah Anda dibuat jengkel gara-gara mesin pencarian tak memberi hasil memuaskan? Saat mengetik kata tertentu justru kita bertemu artikel yang mblarah kemana-mana. Tak relevan sesuai kata kuncinya atau kadang malah menjurus ke hal-hal yang berbau negatif. Lihat saja kata kunci "anak SMA", "anak SMP", atau "Cerita Tante", di halaman awal mesin pencarian lebih banyak kita temui artikel-artikel yang memprihatinkan.

Ya, Google tak selamanya memuaskan penggunanya. Meski banyak orang yang mengatakan jika mbah Google adalah mahaguru di dunia maya. Tapi, Google hanyalah sebuah piranti buatan manusia. Hanya semacam bank data dan manusialah yang mengisi data-data di dalamnya sesuka mereka.

Latar belakang itulah yang membuat Warung Blogger merasa perlu untuk melakukan sesuatu. Sebagai sebuah warung di dunia maya,  para warganya diharapkan bisa  pula menyajikan artikel-artikel yang lezat serta bergizi bagi pembacanya. Bergerak bersama dalam satu gerakan bernama Peduli Kata Kunci (PKK). 

Kami pernah membuat gerakan ini beberapa tahun yang lalu. Dan kiranya gerakan peduli kata kunci ini mendapat respon yang baik dari kalangan blogger. Dan kali ini, setelah beberapa lama vakum, kami ingin mengajak teman-teman blogger di Indonesia untuk kembali peduli terhadap kata kunci. Bukankah menyenangkan jika sesuatu yang kita tulis dapat memberikan manfaat bagi orang lain?


Gerakan Peduli Kata Kunci 2016

Namun, konsep gerakan peduli kata kunci yang sekarang ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Jika sebelumnya gerakan peduli kata kunci ini diperlombakan, sekarang kami ingin mengkampanyekan gerakan peduli kata kunci ini sebagai sebuah kebiasaan. Sama seperti sebelumnya, setiap periode kami akan memberikan satu buah tema yang bisa Anda tulis pada blog pribadi Anda. Tema tersebut akan membidik kata kunci tertentu.

Apakah ini lomba SEO?

Ehm, bisa ya, bisa tidak. Maksudnya semakin banyak teman-teman blogger yang terlibat dalam gerakan peduli kata kunci ini, tentu semakin mudah untuk kita, para blogger, memengaruhi dan memperbaiki kata kunci ‘aneh’ yang selama ini beredar pada mesin pencarian. Namun, sekali lagi. gerakan peduli kata kunci kali ini bukan sebuah perlombaan. Mari kita bersama-sama membuat sebuah kebiasaan menulis untuk memajukan, katakanlah, pendidikan, sudut pandang, atau mungkin bangsa ini. Dengan kita memberikan ‘tekanan’ pada mesin pencari tentang kumpulan kata kunci yang baik, tentu di masa yang akan datang kita akan merasa lebih aman ketika anak cucu kita nanti berlama-lama di mesin pencari.

Jadi, gak ada hadiahnya, donk!?

Kami, Warung Blogger, bukanlah komunitas profit, kami berharap gerakan peduli kata kunci ini akan menjadi gerakan panjang yang berkesinambungan, sampai jauh nanti. Untuk waktu selama itu, kami tidak berani menjanjikan hadiah berupa tunai, produk atau semacam itulah. Jika dalam periode terntentu kami mendapatkan sponsor, tentu kami akan dengan senang hati memberikan hadiah untuk para pemenang.

Namun, sementara waktu kami akan memberikan kompensasi lain kepada beberapa orang dengan tulisan terbaik. Kami akan membuat sebuah resensi dari 3 tulisan terbaik setiap periodenya untuk kami muat dalam rubrik ‘Tulisan Pilihan’. Pada resensi tersebut kami akan mencantumkan profil penulis terpilih, serta tentu saja kami akan memberikan link aktif kepada blog milik penulis. Selain itu, profil penulis akan kami ulas pada akun media sosial Warung Blogger.

Wah, menarik. Bagaimana dengan sistem penilaian? Siapa jurinya?

Penilaian dilakukan dengan memerhatikan beberapa poin. Diantaranya adalah seberapa dekat tulisan Anda dengan tema yang kami berikan. Dan juga, seberapa baik Anda membuat tulisan yang informatif. Gambar, video, infografis, data-data pendukung, serta pencapaian Anda dalam mesin pencarian akan menjadi poin lebih dalam proses penilaian.

Ini adalah gerakan dari blogger, oleh blogger dan untuk blogger. Untuk proses penjurian pun kami akan meminta bantuan teman-teman blogger secara bergantian. Setiap blogger yang terpilih dan atau bersedia menjadi juri, akan mendapatkan hak yang sama dengan para penulis pilihan pada masing-masing periodenya. Oh, tentu saja blogger yang menjadi juri harus memiliki, setidaknya, informasi yang cukup tentang tema yang ditentukan.

Kapan gerakan peduli kata kunci akan dimulai?

Segera, dalam waktu dekat ini kami akan memulai gerakan peduli kata kunci yang baru. Akan kami informasikan melaui akun media sosial Warung Blogger serta melalui surat elektronik kepada WargaWB yang telah melakukan pembaruan data.

Bagaimana? Sudah siap berfoya-foya dengan kata kunci Anda? Kami berharap banyak gerakan ini dapat terwujud dengan baik. Kami mohon bantuan teman-teman blogger semua. Mainkan kata kunci Anda. Tuliskan, lalu biarkan ia menemukan nasibnya sendiri pada mesin pencarian. 

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages